Langsung ke konten utama

Alat Pernapasan Manusia | Pengertian dan Fungsi

Alat-Alat pada Sistem Pernapasan Manusia | Pengertian dan Fungsinya

a. Hidung

      Hidung merupakan organ pernapasan yang langsung berhubungan dengan udara luar. Hidung dilengkapi dengan rambut-rambut hidung, selaput lendir, dan konka. Rambut-rambut hidung berfungsi untuk menyaring kotoran yang masuk bersama udara. Selaput lendir sebagai perangkap benda asing yang masuk terhirup saat bernapas. Konka mempunyai fungsi menyamakan suhu udara yang terhirup dari luar dengan suhu tubuh atau menghangatkan udara yang masuk ke paru-paru.

b. Faring
      Faring merupakan organ pernapasan yang terletak di belakang (posterior) rongga hidung hingga rongga mulut dan diatas laring (superior). Faring berfungsi sebagai jalur masuk udara dan makanan, ruang resonansi suara, serta tempat tonsil yang berpartisipasi pada reaksi kekebalan tubuh dalam melawan benda asing.

c. Laring
       Laring atau ruang suara merupakan organ pernapasan yang menghubungkan faring dengan trakea. Di dalam laring terdapat epiglotis dan pita suara. Epiglotis berfungsi untuk menutup laring sewaktu menelan makanan atau minuman. Sedangkan pita suara untuk menghasilkan gelombang suara.

d. Trakea
       Trakea adalah saluran yang menghubungkan laring dengan bronkus. Di dinding trakea terdapat silia yang berfungsi untuk menyaring benda-benda asing yang masuk ke dalam saluran pernapasan. 

e. Bronkus
  Pada bagian paling dasar dari trakea, trakea bercabang menjadi dua. Percabangan trakea tersebut disebut dengan bronkus. Masing-masing bronkus memasuki paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Bronkus berfungsi sebagai saluran utama menuju alveolus dan menangkap debu yang hendak masuk ke paru-paru.

f. Bronkiolus
       Bronkiolus merupakan cabang-cabang kecil dari bronkus. Bronkiolus berfungsi menyalurkan udara dari bronkus ke alveoli, dan untuk mengontrol jumlah udara yang didistribusikan melalui paru-paru dengan konstriksi dan dilatasi.

g. Paru-Paru
       Paru-paru merupakan alat pernapasan utama. Paru-paru dibungkus oleh selaput rangkap dua yang disebut pleura. Pleura berupa kantung tertutup yang berisi cairan limfa. Pleura berfungsi melindungi paru-paru dari gesekan saat mengembang dan mengempis.

h. Alveolus
       Alveolus adalah struktur anatomi yang memiliki bentuk berongga. Terdapat parenkim paru-paru, yang merupakan ujung dari saluran pernapasan, dimana kedua sisi merupakan tempat pertukaran udara dengan darah. Fungsi alveolus adalah sebagai tempat pertukaran udara dan merupakan gerbang masuk bagi udara ke dalam sistem peredaran darah.

SEMOGA BERMANFAAT!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fungsi Menu dan Ikon Corel Draw

Fungsi Menu dan Icon Aplikasi CorelDraw CorelDraw adalah salah satu software grafis berbasis vektor. Software lain yang sejenis antara lain: Macromedia Freehand, Adobe Ilustrator. Ada juga Autodesk AutoCad dan Kinetix 3DStudioMax yang juga berbasis vektor namun kelasnya berbeda, karena AutoCad lebih condong ke keperluan industri, dan 3DStudioMax lebih condong ke arah animasi, dan keduanya memiliki kemampuan vektor 3D. Coreldraw memberikan kemudahan lebih untuk menggambar teknik daripada menggambar non-teknik, sehingga waktu pengerjaannya pun relatif lebih singkat. Hal ini dikarenakan oleh tiga hal; Ø    gambar teknik biasanya lebih sederhana daripada gambar lain, misalnya tubuh manusia. Ø    gambar teknik umumnya tidak menggunakan banyak titik. Ø    ada banyak pengulangan pada gambar teknik. Begitu anda masuk lingkungan interface Coreldraw, anda akan menemui tampilan seperti pada gambar.  Menu-menu CorelDRAW terdiri dari : Menu bar , adalah barisan m

LyricsRaisa : Terjebak Nostalgia

Raisa - Terjebak Nostalgia Telah lama Ku tahu engkau Punya rasa untukku Kini saat Dia tak kembali Kau nyatakan cintamu Namun aku takkan pernah bisaku Takkan pernah merasa Rasakan cinta yang kau beri Ku terjebak di ruang nostalgia Semua yang kurasa kini Tak berubah sejak dia pergi Maafkanlah ku hanya ingin sendiri ku disini Ooooh Haaa Namun aku takkan pernah bisaku Takkan pernah merasa Rasakan cinta yang kau beri Ku terjebak di ruang nostalgia Semua yang kurasa kini Tak berubah sejak dia pergi Maafkanlah ku hanya ingin sendiri Yeeeee Takkan pernah merasa.. Rasakan cinta yang kau beri Ku terjebak di ruang nostalgia Semua yang kurasa kini Semua yang kurasa kini Ooh tak berubah, tak berubah selamanya Sendiriku Ku disini Ku disini